LiFi, WiFi Dengan Teknologi Berbasis Cahaya

Thursday, February 14, 2013

Pengembangan LiFi pengganti WiFi Dengan Teknologi Berbasis Cahaya
Pengembangan LiFi pengganti WiFi Dengan Teknologi Berbasis Cahaya
ZZS-Inside - Sebuah penelitian menghasilkan sebuahteknologi yang disebut sebagai Light Fidelity atau LiFi menjanjikan kecepatantransfer yang lebih cepat dibanding WiFi dan LiFi kemungkinan akan menggantikan WiFi dimasa mendatang.

WiFi atau Wireless Fidelity mungkin sudah akrab ditelinga pengguna komputer. WiFi ini juga sering disebut sebagai WLAN(Wireless Local Area Network) yang menggunakan gelombang radio dengan frekuensi2,4GHz yang menggunakan standar IEEE 802.11.

Baru-baru ini para peneliti dari Universitas Edinburg telah mengembangkan sistem jaringan wireless atau nirkabel yang mampu menghasilkan kecepatan transfer hingga 130mbps menggunakan teknologi cahaya.

Teknologi yang disebut sebagai LiFi (LightFidelity) ini menggunakan LED (Light Emiting Diode) untuk mengirimkan data kepenerima dengan perubahan intensitas cahaya yang begitu cepat sehingga tak dapat dilihat oleh mata manusia.

Seorang fisikawan dan profesor Jerman, HaraldHaas melalui proyek dari perusahaan Pure VLC ini mengembangkan metode smartlighting yang memungkinkan cahaya digunakan untuk mengirim dan menerima dat ayang mampu mencapai kecepatan hingga 50 Mbps.

Saat ini harus diakui bahwa kecepatan transferdata dari teknologi Light Fidelity ini memang belum bisa mengalahkan kecepatan transfer data dari standar Wireles Fidelity senerasi terakhir.

Harald Haas juga menambahkan bahwa ia dantimnya terus berusaha untuk mengembangkan sistem LiFi di laboratorium agar dapat menghasilkan kecepatan hingga satuan gigabit per detik.

Seperti yang dilansir dari ArsTechnica, LiFiini memiliki beberapa kelebihan seperti luas spektrum transmisi yang lebih luas hingga 10.000 dari Wireless Fidelity yang berbasis gelombang radio. LiFi juga mampu menyediakan konektivitas nirkabel dirumah atau dikamar tanpa takut terjadi kebocoran sinyal.

Sumber : http://surgaberita.blogspot.com


Anda sedang membaca artikel tentang LiFi, WiFi Dengan Teknologi Berbasis Cahaya dan anda bisa menemukan artikel LiFi, WiFi Dengan Teknologi Berbasis Cahaya ini dengan url http://zzs-inside.blogspot.com/2013/02/lifi-dengan-teknologi-berbasis-cahaya.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel LiFi, WiFi Dengan Teknologi Berbasis Cahaya ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link LiFi, WiFi Dengan Teknologi Berbasis Cahaya sebagai sumbernya.
LiFi, WiFi Dengan Teknologi Berbasis Cahaya 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Share Article :

11 comments:

  1. kerennn banget ya lifi, baru tahu nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emg keren bgt canggih dan cpet, cuma tkutnya ada efek radiasi dari sinar itu, itu yg harus di teliti lgi biar bisa aman hehe...

      Delete
  2. bagus banget ya ada wifi pake cahaya hebattt

    ReplyDelete
  3. keren nih , semoga aja , tidak ada bug nya.. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. keknya bugnya ada cuma gg separah wifi haha, kebocoran sinyalnya juga gg mungkin haha

      Delete
  4. luar biasa ya dan semoga saja ini bisa diterapkan di Indonesia secara kita memiliki sumber daya cahaya yang berlimpah dari matahari..

    ReplyDelete
  5. canggih banget belum ada teknologi kayak gini di tempat kami

    ReplyDelete

1. Gunakan Bahasa Yang Baik Dan Sopan
2. Berkomentar Sesuai Judul Postingan (Don't OOT)
3. Tidak Di Perbolehkan Untuk Spam, Junk, Sara Dan Lainnya

Note: Jika Copas Sertakan Link Sumbernya.

 
DMCA.com
Support : Creative007 Corp. | Template By Johny |
ZZS INSIDE™ Copyright © 2012. - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Powered by Blogger